Tahun Ketiga

Dear Janistra,

Nak, maaf ya, kami seringkali kewalahan dengan energi nak Janis yang sungguh besar. Naik-turun sofa, bahkan sandarannya yang tak seberapa tinggi pun ikut dipanjat. Atau berulang kali meluncur dari slide, kadang juga ‘mendaki’ dari arah sebaliknya. Atau lompat-lompat dan berjoget sembari mendengarkan lagu. Kami pun membuatkan playlist khusus untuk nak Janis, semuanya lagu anak-anak, dan tentunya ada beberapa lagu The Beatles, dan lagu favorit untuk kita berjoget bersama, Nak: The Bare Necessities.

Nak, kami senang sekali ketika Janis makin senang membaca buku. Bahkan ketika berkunjung ke perpustakaan, Janis bisa duduk anteng, sampai kami bisa membacakan lima buku. Walaupun setelah itu jalan ke sana-sini, sembari menyapa siapapun yang ada di sekitar situ. Tema favoritnya Janis masih sama: dinosaurus.

Kami juga senang, Nak, ketika kita menggambar bersama di notebook dengan pensil warna dan krayon, sambil bermain tebak gambar. Yang membuat Mama kagum, Janis masih bisa menebak gambar buatan Mama yang amburadul itu, Nak, hihihi. Berhubung Mama suka kewalahan, Janis juga seringkali minta digambarkan sesuatu oleh Yayah, yang sudah pasti hasilnya bagus ya, Nak!

Mungkin Janis belum tertarik untuk belajar tracing garis, gambar, angka ataupun huruf. Tak apa, Nak, kami tidak pernah memaksa. Tidak pernah ada target supaya Janis bisa ini-itu. Kami percaya semua ada waktunya. Fokus kami hanya bermain, bermain dan bermain.

Nak, mohon maaf ya, kami jarang sekali membelikan mainan atau barang. Nikmati dulu apa yang sudah ada ya, Nak. Kami ingin Janis bisa berkreasi dengan apa yang sudah Janis miliki, sambil pelan-pelan belajar bersyukur..

Nak, terima kasih ya, sudah membantu kami menaruh pakaian ke dalam lemari, walau belum sempurna. Segala niat nak Janis untuk membantu amat sangat kami hargai. Begitu pula ketika Mama hendak memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci, pasti Janis selalu tanya, “Can I help you, Mom?” Kadang kami sampai terharu sendiri, entah darimana Janis bisa belajar ini semua, Nak…

Nak, sebelumnya kami tidak pernah tahu seberapa peka perasaan nak Janis, sampai suatu ketika Mama sedih sampai menangis, Janis segera berlari mengambilkan Mama selembar tisu, dan menepuk-nepuk bahu Mama, bahkan memeluk Mama, seraya berkata, “It’s okay, Mama… It’s okay.” Sesekali kami pernah melihat mata janis ikut berkaca-kaca. Ah, Janis…

Nak, semoga Janis bisa berkelana kesana-kemari, menjelajahi bumi Allah yang luas ini. Hingga suatu saat nanti, Janis bisa bercerita tentang petualangan apa saja yang sudah Janis alami, ada hal menarik apa saja yang sudah Janis lewati. Kelak Janis bisa mengambil manfaat yang baik dari semua perjalanan tadi dan menyebarkan segala yang baik di dunia ini.

Doa kami selalu sama, Nak, semoga Janis selalu menjadi anak yang sehat, selalu bersyukur, berakhlak baik, selalu bahagia, memiliki hati yang besar, dan hidupmu dipenuhi dengan petualangan yang indah ya. Semoga Allah SWT juga berkenan ya, Nak, sehingga selalu meridhoi setiap langkah yang Janis ambil.

Sebetulnya, ada satu harapan kami untuk Janis jika sudah besar nanti: kemampuan berbahasa yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan. Pemahaman kami pun masih kurang mengenai ini, Nak, masih harus banyak belajar. Entah mengapa di zaman seperti sekarang ini, kami masih banyak menjumpai orang-orang di luar sana (bahkan di keluarga besar kita juga masih banyak, Nak, terutama para sesepuh) yang masih kurang cakap dalam berbahasa, terutama ketika menulis (sms atau email), yang seringkali tidak jelas letak tanda koma dan tanda titiknya. Sulit sekali membacanya. Bahkan karena masalah tadi, Mama jadi seringkali salah paham dengan isi pesannya. Duh.

Tak terasa ini sudah tahun ketiga bagi kami menjadi orang tua untukmu, nak Janis. Kami sungguh bahagia. Kami berusaha memantaskan diri di hadapan Allah SWT agar kelak menjadi orang tua yang baik untuk Janis. Insyaallah.

Selamat ulang tahun, Janistra, kesayangan kami selamanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s