Mengantisipasi Rasa Bosan pada Balita Saat di Pesawat

Maaf ya, mungkin kedengarannya seperti judul skripsi, hihihi…

Berdasarkan pengalaman kami selama terbang bersama Janis, ternyata tidak selamanya ia bisa duduk anteng atau tidur di pesawat. Duduk di pesawat, terlebih penerbangan jarak jauh, akan sangat membosankan. Serial kartun yang ada di pesawat, atau mainan yang diberikan pramugari, juga tidak bertahan lama. Biasanya Janis bisa tenang dalam satu jam, tapi kemudian bosan. Belum lagi, Janis akan berulang kali berkata, “Yuk, jalan!” atau “Mau turun…”

Ada kalanya ia berinteraksi dengan penumpang yang duduk di belakangnya. Senyum-senyum, atau bermain peek-a-boo. Ada kalanya ia mengajak kami bernyanyi, bahkan seringnya bernyanyi sendiri sambil menatap ke luar jendela (kami hampir selalu memilih bangku di dekat jendela) sampai akhirnya berhenti karena capek. Tak jarang juga ia berhasil membuka seat belt-nya sendiri, kemudian berusaha berdiri di kursi dan lompat-lompat. Duh, gawat. Tapi memang anak-anak seusia Janis cenderung aktif secara fisik, bukan?

Demi kenyamanan dan ketentraman kami bersama, saya dan suami memilih membawa beberapa barang untuk Janis beraktivitas, yang mungkin bisa dijadikan referensi bagi para orang tua yang juga memiliki balita selama di pesawat.

 

Buku gambar kecil dengan krayon atau pensil warna. 

Menurut kami, ini adalah opsi yang paling mudah. Mudah didapat, mudah persiapannya, dan harganya terjangkau. Pensil warna dan krayon yang kami gunakan memiliki desain triangular, untuk mencegah agar tidak mudah menggelinding, dan tentunya mudah digenggam oleh Janis.

 

Buku cerita.

Biasanya kami membawakan dua buah buku favoritnya untuk dibaca bersama di dalam pesawat. Kebetulan Janis suka dengan tema dinosaurus, maka kami membawa buku dengan tema serupa. Kadang kami juga membawa buku karangan Sandra Boynton yang lucu dan menarik.

 

Activity book.

Buku stiker juga menjadi salah satu pilihan yang menarik. Janis suka sekali dengan stiker yang bertemakan hewan. Favorit kami adalah buku stiker dari DK Publishing. Selain gambarnya realistis, juga terdapat fakta-fakta menakjubkan mengenai masing-masing hewan tersebut. Walaupun Janis masih terlalu kecil untuk mengerti, tapi ia cukup tertarik, hihihi. Buku stiker favorit lainnya adalah terbitan Pat a Cake (karena  ukuran stikernya yang besar) dan Usborne.

img_4339.jpg

Alternatif lainnya adalah wipe clean activity book. Bagi anak-anak yang sudah mulai senang belajar menulis, atau mulai mengenal huruf, bentuk atau angka, bisa diberikan buku ini. Setidaknya untuk dicoret-coret, hihihi. Cara membersihkannya juga mudah, cukup menggunakan tisu basah. Umumnya buku ini sudah disertakan dengan spidol. Akan tetapi, kualitas spidolnya seringkali kurang baik, jadi tintanya cepat sekali mengering. Sebaiknya membawa spidol cadangan atau menggunakan spidol merk lain yang juga mudah dihapus.

 

Mess Free Arts Activity.

Bagi para orang tua yang ingin praktis, seri Crayola Color Wonder Mess Free Coloring sangat membantu. Satu set Crayola Color Wonder Mess Free Coloring ini terdiri dari buku yang berisikan 18 halaman gambar dan 5 buah spidol. Tak perlu khawatir bila anak menggunakan spidol ini tidak pada tempatnya (baca: coret sana-sini), karena warnanya tidak akan terlihat, hihihi. Spidol dari Crayola Color Wonder ini hanya akan mengeluarkan warna jika dipakai di kertas yang sesuai.

Melissa & Doug On the Go juga menjadi favorit kami, terutama seri Water WOW! Ini adalah buku mewarnai dengan menggunakan air. Hanya dengan mengisi sedikit air ke dalam pena (yang menempel di bagian depan buku) untuk mewarnai. Tentu saja buku ini reusable! Tunggu saja sampai halamannya mengering dan dapat digunakan kembali.

Semoga beberapa alternatif di atas tadi bisa membantu ya. Oh iya, jangan lupa menyiapkan cemilan favorit untuk si kecil. Dan yang tak kalah penting adalah nikmati perjalanannya. Good luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s